Profil Sekolah
VISI DAN MISI SMP BUDI MULIA PANGURURAN
VISI
UNGGUL DALAM PRESTASI, MENJUNJUNG TINGGI NILAI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SERTA PELAYANAN OPTIMAL BERLANDASKAN NILAI-NILAI KRISTIANI
MISI
- Menumbuhkembangkan nilai-nilai Kristiani; iman, harapan dan kasih.
- Menghayati profil pendidikan Budi Mulia “Kebersamaan, Keunggulan dan Kemandirian” dalam berbagai program kegiatan sekolah.
- Disiplin dalam peraturan yang berlaku, teladan dalam sikap dan tindakan, optimal dalam belajar dan bekerja demi membangun karakter unggul warga sekolah.
- Menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam proses belajar-mengajar.
- Mengembangkan sikap kritis, demokratis dan bertanggung jawab dalam dinamika sosial.
- Meningkatkan pembinaan kepada Guru/Karyawan dan peserta didik sesuai dengan kompetensi yang dimiliki secara intensif dan terjadwal.
- Menanamkan kecintaan dan kebanggaan pada budaya dan kearifan lokal.
- Menata lingkungan sekolah dengan berwawasan wiyata mandala, asri, sejuk dan berorientasi ramah lingkungan.
- Bekerja sama dengan pemerintah, pemerhati pendidikan, alumni dan masyarakat untuk kemajuan sekolah.
SEJARAH SINGKAT
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA
SMP BUDI MULIA PANGURURAN
SMP Swasta Budi Mulia Pangururan adalah sekolah yang bernaung dibawah Yayasan Budi Mulia Lourdes, yaitu yayasan yang dikelola oleh para Bruder Santa Maria Lourdes (Budi Mulia). Sekolah ini dirintis dan didirikan pada tanggal 1 Juli 1953, atas inisiatif dan undangan dari Pastor Raudboud Watereus, pastor yang berkarya di Paroki Pangururan, kepada Kongregasi Bruder Budi Mulia dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan pokok masyarakat akan pendidikan, khususnya di Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.
Pastor R. Waterreus menjadi penggagas bagi berdirinya SMP Swasta Budi Mulia Pangururan, yang secara teritorial gerejani berada di Paroki St. Mikhael Pangururan, Keuskupan Agung Medan. Bruder Getulius Kampert, BM mendapat kehormatan dan dipercaya oleh Yayasan Budi Mulia Lourdes untuk menjadi Kepala Sekolah yang pertama. Br.Getulius dibantu oleh beberapa bruder lainnya seperti; Br. Deodatus, Br. Egidius van Gills serta seorang guru awam , yaitu Bapak H. Sihombing, untuk melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut. Dengan berbagai daya upaya mereka bekerja untuk memberikan pelayanan yang terbaik , penuh semangat dan disiplin tinggi.
Pada awal berdirinya sekolah belum ada gedung untuk berjalannya proses pembelajaran, maka untuk kegiatan belajar menggunakan gedung Gereja Katolik Lumbanlintong, Paroki Pangururan. Para siswa yang sekolah di SMP Swasta Budi Mulia Pangururan berasal dari Kecamatan Pangururan dan sekitarnya (Palipi, Harianboho dan Simanindo). Mareka menjadi siswa di SMP Budi Mulia karena dorongan dan arahan dari para pastor ketika berkunjung (pastoral) ke stasi-stasi. Pada umumnya para siswa berasal dari desa-desa atau stasi di sekitar Pangururan. Para pastor sangat antusias memberikan pencerahan kepada orang tua tentang arti pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka demi masa depan anak dan keluarga. Selain itu para pastor menekankan pentingnya pembinaan iman bagi anak-anak lewat pendidikan di sekolah.
Keberadaan SMP Swasta Budi Mulia Pangururan tidak lepas dari visi-misi Gereja Katolik Keuskupan Agung Medan. Secara umum didirikannya sekolah ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan masyarakat Kabupaten Samosir dan sekitarnya. Secara khusus sekolah ini hadir untuk menjadi sarana pembinaan generasi muda untuk menjadi pribadi yang beriman teguh, disiplin, berkarakter kuat dan mampu menjadi teladan dalam budi pekerti.
Dalam pembinaan iman, budi pekerti dan karakter SMP Budi Mulia Pangururan mendasarinya dengan Spiritualitas Kongregasi Bruder Budi Mulia, yaitu “Semangat iman dan cinta kasih”. Semangat tersebut diwujudnyatakan dalam pelayanan kepada warga dan bekerja sama dengan Gereja. Dengan demikian sekolah ini diharapkan mampu memancarkan semangat Gereja Katolik yang bersifat misioner dan apostolik. Seluruh warga sekolah harus bisa menjadi “garam dan terang” di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai kompetensi yang dikuasainya.
Dalam mengemban amanat yang dipercayakan oleh Gereja dan masyarakat, yakni untuk mendidik, mengajar dan mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, SMP Swasta Budi Mulia Pangururan terus berupaya menjalin kerja sama dengan masyarakat, pemerintah, Gereja dan Yayasan Budi Mulia Lourdes.
SARANA & PRASARANA
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :
- Kelas 7 A
- Kelas 7 B-1
- Kelas 7 b-2
- Kelas 7 b-3
- Kelas 8 A
- Kelas 8 B-1
- Kelas 8 b-2
- Kelas 8 b-3
- Kelas 9 A
- Kelas 9 B-1
- Kelas 9 b-2
- Kelas 9 b-3
- Ruang Kepala Sekolah
- Ruang Tata Usaha
- Ruang Guru
- Ruang Osis
- Ruang BK/BP
- Ruang Piket
- Ruang Gudang
- Ruang UKS
- Ruang Seni
- Ruang Server
- Asrama Putra
- Lab Komputer
- Lab IPA
- Lab Bahasa
- Perpustakaan
- Cafe Literasi
- Parkir
- WC Laki-laki
- WC Perempuan
- Kantin
- Lapangan Olahraga
- Aula
STRUKTUR ORGANISASI
KEPALA SEKOLAH
Pujian, hormat dan rasa syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Mahamurah karena dengan berkat dan cinta kasih Nya, website SMP Budi Mulia Pangururan dapat di publikasikan.
Kita maklumi bersama bahwa kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di era globalisasi dewasa ini telah membawa implikasi yang sangat luas terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Kemajuan IPTEK ini merupakan anugerah yang patut kita syukuri, kerena dengan keberadaannya dapat membuka cakrawala baru dalam mengikuti perkembangan dan kemajuan keilmuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan. Bahkan dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari kita telah banyak dibantu dengan kehadiran teknologi ini.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui website ini, diharapkan dapat meningkatkan eksistensi SMP Budi Mulia Pangururan dalam
rangka mengoptimalkan peran dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas secara spiritual, intelektual, mental dan sosial. Selanjutnya dengan mengedepankan proses pendidikan dan pengajaran yang bermutu mampu membangun pribadi warga sekolah yang berkarakter kuat, beriman teguh, disiplin, cerdas, trampil, berwawasan luas dan berkepribadian unggul. Dengan memperhatikan dan memanfaatkan kemajuan IPTEK kiranya dapat mendorong dan memfasilitasi warga sekolah untuk terus berkarya dan berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan yang selaras dengan harapan masyarakat serta relevan dengan dinamika kemajuan IPTEK pada masa sekarang dan di masa mendatang.
Pengadaan dan penampilan website ini disamping untuk memenuhi kebutuhan informasi dan publikasi juga untuk memenuhi harapan masyarakat dan alumni yang membutuhkan informasi pendidikan yang diselenggarakan oleh SMP Budi Mulia Pangururan. Untuk memenuhi harapan tersebut, tentunya tidak akan memadai jika tanpa partisipasi aktif dari berbagai pihak. Untuk itu kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan.
Akhirnya saya mengapresiasi dan mengucapkan “Profisiat” atas penampilan website SMP Budi Mulia Pangururan. Semoga dengan penampilan website ini informasi tentang SMP Budi Mulia Pangururan serta aktifitas yang ada di dalamnya dapat diketahui oleh masyarakat luas. Melalui website ini juga semoga bisa menjadi sarana komunikasi bagi alumni, masyarakat, dan keluarga besar SMP Budi Mulia Pangururan.
Terima kasih untuk Yayasan Budi Mulia Lourdes, para guru/karyawan, peserta didik, orang tua, alumni, donatur dan pecinta SMP Budi Mulia Pangururan
Selamat untuk kita semua.
Horas….Horas…..Horas
PROGRAM KERJA
PROGRAM JANGKA PENDEK (1 TAHUN)
T.P. 2022/2023
1. Pengembangan Akademik
Proiritas program dalam peningkatan mutu pendidikan tahun 2019//2020 adalah:
a. Peningkatan kualitas proses Belajar Mengajar.
b. Pemantapan pelaksanaan K 13.
– Perbaikan dan peningkatan pelaksanaan K 13 baik kualitas maupun kuantitasnya untuk kelas VII dan VIII.
– Penerapan/pelaksanaan K 13 untuk kelas IX.
c. Mengintensifkan pelaksanaan pendekatan ketrampilan proses belajar, ulangan harian, analisis hasil evaluasi, perbaikan dan pengayaan untuk mencapai ketuntasan belajar dan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik, sebagaimana ditetapkan kurikulum sekolah.
d. Melengkapi buku :
– Pelajaran wajib dan buku pendamping pelajaran peserta didik.
– Referensi / pegangan untuk guru
– Literasi kelas
Pengadaan buku-buku tersebut menggunakan dana BOS dan juga dari peserta didik (untuk mata pelajaran tertentu).
e. Melengkapi alat peraga dan fasilitas untuk menunjang pembelajaran di kelas.
f. Pengadaan dan pengoptimalan fasilitas laboratorium dan perpustakaan.
Laboratorium IPA :
– Penataan ruang, kebersihan, kerapian dan perlengkapan laboratorium
– Inventarisasi dan penambahan peralatan laboratorium
– Tata tertib laboratorium
– Jadwal penggunaan laboratorium (Fisika dan Biologi, Komputer, Bahasa)
– Laporan pertanggungjawaban penggunaan laboratorium
Perpustakaan :
– Penataan ruang dan buku-buku
– Inventarisasi buku dan barang-barang perpustakaan
– Katalogisasi
– Penambahan jumlah buku
– Penambahan jumlah komputer
– Tatib perpustakaan dan peminjaman buku
– Kunjungan perpustakaan dan pendampingannya pada saat guru kosong
– Peningkatan kinerja pustakawan
– Laporan pertanggungjawaban penggunaan perpustakaan
g. Peningkatan frekuensi dan kualitas supervisi, serta pembinaan guru.
Indikator keberhasilan adanya program tersebut:
– Penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran dengan ditandai penguasaan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum.
– Kesamaan persepsi dan tindakan dari semua unsur di sekolah tentang pelaksanaan K 13.
– Guru mampu menyusun perangkat pembelajaran, persiapan mengajar dan sistem penilaian yang sesuai dengan standar pembelajaran
– Adanya peningkatan prestasi siswa baik sikap, pengetahuan maupun ketrampilannya
– Adanya peningkatan rata-rata Nilai rapor dan Ujian (out put)
h. Siswa lulus US, USBN dan UN dengan nilai rata-rata 7,5
i. Lulusan kelas IX, 75 % bisa diterima di SMA/SMK Unggul seperti : SMA Budi Mulia P.Siantar, SMA Del, SMA Yasop, SMA Matauli dan SMA Unggul lainnya.
j. Siswa berprestasi dalam bidang:
– Akademis
– Olah raga
– Kesenian
– Ketrampilan hidup
baik untuk intern sekolah maupun di luar sekolah dengan mengikuti lomba-lomba di Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.
k. Peningkatan kualitas kinerja Guru
– Mengikuti kegiatan MGMP dan pelatihan-pelatihan
– Mengikuti seminar/lokakarya
– Studi banding
2. Pengembangan Fisik
Pengembangan fisik diprioritaskan pada penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang KBM misalnya:
a. Penambahan peralatan laboratorium
b. Penambahan dan perbaikan komputer
c. Penambahan buku perpustakaan
d. Penambahan pohon perindang, tanaman bunga dan penataan taman.
e. Pemeliharaan pagar keliling
f. Penataan ruang sarana-prasarana
g. Penataan ruang musik
h. Penataan tempat belajar di luar kelas
i. Pengelolaan sampah
j. Perbaikan dan penambahan fasilitas sekolah
k. Pengadaan ruang serba guna (aula)
3. Ekstra kurikuler
a. Pengembangan dan pembinaan intensif kegiatan ekstra kurikuler
b. Pengadaan sarana penunjang kegiatan ekstra kurikuler
c. Mengikutsertakan para pembina ekstra kurikuler untuk mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan diri, sesuai dengan bidang yang diampu.
d. Mengikutsertakan peserta didik untuk mengikuti berbagai ajang pertandingan atau pentas
4. Sekolah Adiwiyata
a. Menindaklanjuti dan melaksanakan program Dinas Pendidikan Kabupaten tentang sekolah adiwiyata
b. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan instansi terkait dalam hal pembinaan dan penyadaran kepada warga sekolah untuk mewujudkan sekolah adiwiyata
c. Melengkapi sarana-prasarana penunjang terwujudnya sekolah adiwiyata
5. UKS
a. Memberdayakan dan meningkatkan fungsi UKS
b. Mempersiapkan dan mengadakan pelatihan untuk Tim Kesehatan Remaja
c. Melengkapi sarana-prasarana kesehatan
d. Bekerja sama dengan Puskesmas untuk memberikan sosialisasi tentang upaya hidup sehat
6. Gerakan Siswa Menabung
Membangkitkan kesadaran dan semangat siswa untuk menabung.
Pelaksanaannya, bekerja sama dengan salah satu Bank untuk sosialisasi tentang arti pentingnya menabung dan menjadi tempat untuk menabung.
7. Koperasi Sekolah
a. Memberdayakan dan meningkatkan fungsi Koperasi Sekolah
b. Mengikutsertakan peserta didik untuk mengelola koperasi
c. Memberikan pembinaan terhadap pengelola koperasi, bekerja sama dengan instansi terkait
8. Pembinaan mental-spiritual
a. Rekoleksi dan Retret bagi peserta didik
b. Rekoleksi atau Retret bagi Guru dan karyawan
c. Misa bulanan
d. Ibadat singkat harian
e. Pendalaman materi APP, Adven, Prapaska, BKSN, dsb.
f. Aksi sosial, aksi Natal dan Paskah
9. Kesejahteraan Guru dan Karyawan
Membantu kelancaran peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan dengan memperhatikan saat kenaikan pangkat dan menginformasikannya ke Yayasan Pusat.
10. Pelaksanaan :
Menyesuaikan dengan skala priorotas Rencana Pengembangan Sekola (RPS):
a. RPS mengacu pada kebijakan Yayasan Budi Mulia Lourdes, disamping itu juga dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Provinsi
a. Pemeliharaan dan rehabilitasi sarana/prasarana yang ada.
b. Sumber dana
– Yayasan Budi Mulia Loudes
– BOS
– APBD
– Penyandang dana (donatur)
– Alumni
11. Kerja sama
Membangun kerja sama yang baik dengan berbagai pihak untuk mendukung program-program sekolah
PROGRAM JANGKA MENENGAH ( 4 TAHUN )
T.P. 2015/2016 s/d 2019/2020
Program kerja jangka menengah (4 tahun) SMP Swasta Budi Mulia Pangururan :
1. Tipe Sekolah
Mempertahankan Sekolah dengan nilai akreditasi A, jumlah rombongan belajar 12 kelas terdiri dari:
a. 4 rombongan belajar kelas VII
b. 4 rombongan belajar kelas VIII
c. 4 rombongan belajar kelas IX
2. Meningkatkan mutu pendidikan
a. Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai etos kerja yang baik.
b. Guru
Dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru melalui penataran dan diklat.
Memberi kesempatan meningkatkan pendidikan lanjutan ke S2 linier dengan mata pelajaran yang diampu.
c. Karyawan / Tenaga Administrasi.
Memberi kesempatan meningkatkan pendidikan sehingga memiliki ijasah D3 atau diatasnya (S1) dengan memiliki ketrampilan khusus sesuai dengan bidang tugasnya.
Dilakukan upaya peningkatan kemapuan bidang tugas melalui penataran dan Diklat.
3. Meningkatkan sarana / prasarana pendidikan
a. Sarana fisik
· Mengupayakan penambahan ruang kelas baru yaitu kelas VIII dan IX, masing-masing 1 kelas.
· Pengadaan lapangan olah raga yang memadai: basket, volli, futsal dan atletik.
· Pengadaan ruang musik yang kedap suara
· Pengadaan ruang audiovisual
· Pengadaan tempat sampah yang memadai di depan kelas, bekerja sama dengan Dinas Kebersihan Kota untuk mengangkut sampah sekolah.
· Pengadaan tempat belajar di luar kelas beserta penataannya.
· Pengadaan almari untuk menyimpan inventaris olah raga, musik,tari dan properti kegiatan siswa.
b. Sarana Pendidikan
Melengkapi dan merawat sarana pembelajaran :
· Pengadaan kursi dan meja kelas
· Setiap kelas dipasang in focus
· Setiap kelas ada lemari/rak buku
· Setiap kelas disediakan papan panel untuk memajang hasil kreatifitas siswa dan literasi
· Setiap kelas dipasang korden
· Penambahan buku, pengadaan rak buku dan melengkapi meja kursi perpustakaan
· Pengadaan meja-kursi, peralatan dan lemari laboratorium IPA
· Penambahan alat-alat musik
· Penambahan perangkat soundsystem
5. Sumber dana
a. Yayasan Budi Mulia Lourdes
b. BOS
c. APBD
d. Penyandang dana (donatur)
e. Alumni
PROGRAM JANGKA PANJANG (8 TH)
T.P. 2015/2016 s/d 2023/2024
Program jangka panjang SMP Swasta Budi Mulia Pangururan sebagai sekolah yang unggul dalam bidang akademik, seni budaya, ketrampilan
1. Tipe Sekolah
Memantapkan dan mempertahankan Sekolah terakreditasi A dengan rombongan belajar 12 kelas, terdiri dari:
a. 4 rombongan belajar kelas VII
b. 4 rombongan belajar kelas VIII
c. 4 rombongan belajar kelas IX
2. Peningkatan mutu pendidikan menuju terwujudnya sekolah yang unggul dan berkarakter;
a. Peningkatan status sekolah dengan nilai akreditasi A Plus
b. Peningkatan prestasi belajar siswa mencapai batas ideal kelulusan sesuai dengan standar nasional / internasional.
c. Memantapkan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai etos kerja yang baik.
d. Guru
Pemberian motivasi guru yang belum mempunyai pendidikan S2 untuk melanjutkan pendidikan ke S2 sebagai upaya peningkatan dan pemantapan profesionalisme guru dengan tugas mengajarnya.
Dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru melalui penataran dan Diklat.
3. Karyawan / Tenaga Administrasi
Pemantapan kinerja karyawan dengan memiliki ketrampilan khusus sesuai dengan bidang tugasnya.
Dilakukan upaya peningkatan kemapuan bidang tugas melalui penataran, Diklat dan studi lanjut.
4. Meningkatkan Sarana-Prasarana Pendidikan
a. Sarana phisik
· Pengadaan sarana-prasarana sekolah sesuai standar nasional.
· Pengadaan ruang serba guna yang bisa digunakan juga sebagai aula atau panggung
· Pengadaaan dan perawatan soundsystem
· Pengadaan sarana transportasi : mobil sekolah/asrama
b. Sarana Pembelajaran
Melengkapi sarana pembelajaran dengaan pengajuan program / proposal kepada instansi terkait.
5. Sumber dana
a. Yayasan Budi Mulia Lourdes
b. APBD
c. BOS
d. Penyandang dana (donatur)
e. Alumni
Komite Sekolah
Share this